Sipilis

Sipilis adalah salah satu penyakit infeksi menular seksual (IMS) segolongan dengan gonorea (raja singa), penyakit herpes genital. Yang namanya penyakit infeksi seksual pastinya disebabkan oleh mikororganisme seperti bakteri, virus atau parasit. Untuk kasus sipilis, penyebab sipilis adalah bakteri Treponema pallidum. Bakteri yang berbentuk spiral tersebut ditularkan melalui hubungan seksual atau penularan langsung dari lobus ke janin yang dikandungnya. Bakteri-sipilisbakteri-treponema-pallidumGambar : Bentuk virus sipilis dan bakteri sipilis (treponema paliidum) yang merupakan penyakit kelamin menular.

Sipilis

Sipilis

Penjyakit Sipilis

Pada tahun 1999, WHO memperkirakan terdapat 12 juta orang terinfeksi sipilis setiap tahunnya. Selanjutnya, ditemukan bahwa lebih dari 8% perempuan yang mengidap sipilis termasuk dalam golongan usia reproduksi, sehingga ada risiko penularan ke janin yang dikandungnya (transmisi vertikal). Di seluruh dunia, ada sekitar satu juta ibu hamil dengan sipilis. Sekitar 270.000 bayi lahir dengan sipilis kongenital, 460.000 kehamilan berakhir dengan aborsi atau kematian perinatal (bayi usia 0-27 hari) dan 270.000 bayi lahir prematur dengan berat badan lahir rendah.

Sipilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum. Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sipilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus). Sipilis yang merupakan penyakit menular seksual yang ditandai dengan fase aktif dan diikuti dengan fase laten.

Tahapan dalam penyebaran sipilis, adalah :

  1. Masa inkubasi : masa inkubasi terjadi selama 2-6 minggu. Setelah masa itu akan timbul lesi primer disertai dengan pembesaran kelenjar getah bening (Limfadenopati) regional.
  2. Tahap sekunder : ditandai dengan lesi kulit secara general atau menyeluruh dan limfadenopati yang juga general.
  3. Tahap laten : tahap ini terjadi selama beberapa tahun atau dekade.
  4. Tahap tersier : tahap ini terjadi pada 1/3 kasus yang tidak ditangani. Gejala sifilis yang timbul yaitu destruksi kulit, muskuloskelet, dan lesi parenkima, aortitis, dan kelainan saraf.

Klasifikasi Penyebaran Sipilis

Klasifikasi berdasarkan penyebaran sipilis, yaitu :

  1. sipilis didapat (acquired syphilis) : penyebaran yang terjadi akibat kontak seksual langsung, transfusi darah atau kontak dengan jaringan yang terinfeksi.
  2. sipilis congenital (congenital syphilis) : sipilis yang terjadi akibat infeksi Treponema yang berasal dari ibu yang terinfeksi sipilis primer atau sekunder, jarang infeksi laten. Infeksi dapat terjadi pada tahap atau usia kehamilan manapun.

Sipilis yang juga disebabkan oleh suatu spiroketa. Treponema pallidum yang masuk ke dalam tubuh melalui celah kecil pada kulit genitalia eksterna yang terjadi selama hubungan seksual. Setelah spiroketa  masuk, penyakit yang tidak diobati akan berlanjut melalui empat tahap yang berurutan : sipilis primer, sipilis sekunder, laten dan tersiser. Terapi antibiotik pada suatu stadium sebelum tersier dapat mencegah squelae lanjut dan mengancam nyawa dari penyakit. sipilis juga dapat ditularkan dari wanita kepada janinnya pada setiap saat selama kehamilan dengan konsekuensi yang serius.

Pemeriksaan Sipilis

Cara yang bisa dilakukan agar seseorang tahu bahwa ia mengalami infeksi penyakit sifilis maka bagi sebagian masyarakat untuk bisa mengetahui dan mengenali luka akibat penyak sifilis adalah salah satu hal yang agak sulit. Dan apalagi jika lokasi yang terjadi sifatnya bersembunyi. Maka biasanya jika merasa lebih beresiko, Anda bisa datang langsung ke klinik untuk melakukan pemeriksaan dan bisa mendapatkan skrining pada IMS. Metode dari pemeriksaan sifilis adalah dengan menggunakan tes darah untuk melakukan treponema atau juga non-treponema. Yang termasuk ke dalam tes non-trepnonema adalah VDRL atau melakukan RPR. Metode ini baisanya digunakan untuk diagnosia yang terjadi dengan cepat karena sangat mudah untuk dilakukan dan biayanya juga tidak mahal. Namun kelemahan lain, tes ini tidak lebih spesifik untuk kasus penyakit sipilis dan kemungkinan memberikan suatu hail positif yang palsu. Maka untuk mereka dengan hasil non-treponema yang sifatanya positif harus bisa dikonfirmasi dengan menggunakan tes treponema.

Tes treponema ini dilakukan untuk bisa membantu mendeteksi dari antibodi dengan lebih spesifik untuk kasus penyakit sifilis dan bisa bertahan selama seumur hidup walaupun orang tadi sudah mendapatkan pengobatan penyakit sipilis. Jika dengan melakukan tes treponema dan juga menghasilkan suatu hasil yang positif, maka tes treponema ini tetap harus dilakukan untuk bisa menghitung jumah titer. Hal ini sangat dibutuhkan dalam melakukan konfirmasi diagnosis dan untuk membantu menentukan suatu bentuk pengelolaan yang lebih lanjut lagi.

Penyakit sifilis bisa disembuhkan, walaupun kerusakan yang terjadi tidak akan bisa diperbaii lagi dan biasanya akan menimbulkan bekas selama seumur hidup misalnya di dalam darah dan sebagai salah satu antibodi treponema. Penyakiti sipilis primer, sekunder dan juga laten dengan melakukan pemeriksaan awal yang mudah diobati dengan menggunakan suntikan antibodi benxatin penisilin G. Jika penyakit sipilis sudah masuk ke dalam bahaya laten, maka akan dibutuhkan paling tidak 3 kali dengan jangka waktu selama 1 minggu. Dengan menggunakan penisilin, maka bakteri dari sipilis biasanya akan mati segera dan bisa membantu mencegah terjadinya suatu kerusakan di masa selanjutnya.

Untuk mereka yang mempunyai resiko tinggi mengalami penyakit sipilis, maka hendaknya melakukan tes sipilis. Dan salah satuunya adalah untuk ibu hamil populasi seperti LSL, narapidana, dan PSk, orang yang mempunyai masalah perilaku seksual menyimpang dan mempunyai banyak pasangan seksual.

Sipilis

Cara Beli Propolis Obat Sipilis
Untuk Mengobati Penyakit Sipilis

propolis

1 Botol Propolis-Obat Sipilis Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan Obat Sipilis: SMS ke 0878-8896-9797, tuliskan: Pesan Propolis -Obat Sipilis, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Pengobatan Penyakit Sifilis, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sipilis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.