Categories
Kolesterol

Selain Makanan Ini dia 6 Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Apa itu kolesterol?

Penyebab Kolesterol bisa dari makanan ataupun pola hidup kita. Kolesterol merupakan sebuah molekul lemak yang ada dalam sel tubuh. Kolesterol itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Kolesterol termasuk salah satu bagian dari  lemak. Adapun kadar  kolesterol dalam tubuh kita harus seimbang agar dapat memeprlancar kerja organ tubuh dan baik untuk kesehatan.  Akan tetapi jika kadar kolesterol dalam jumlah yang teralu banyak maka akan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh.

Apa Saja Jenis Kolesterol?

Mari kita kenali jenis kolesterol yang ada dalam tubuh anda agar anda mengetahui keberadaan mereka. Mari kita simak.

1. Kolesterol LDL (low density lipoprotein)

Kolesterol LDLmerupakan salah satu jenis kolesterol yang membawa kolesterol dalam jumlah banyak. Kolesterol  LDL dikenal oleh masyaraka luas sebagai kolesterol jahat. Hal ini terjadi  karena jika anda memiliki kadar LDL yang tinggi akan membuat arteri mengalami pengendapan. Pengendapan ini berbentuk plak yang menempel pada arteri. Jika anda sedang mengalami kolesterol yang tinggi ada baiknya untuk bersegera konsultasi ke dokter agar tidak terjadi penyakit yang lebih serius seperti jantung koroner.

2. Kolesterol HDL (high density lipoprotein)

Kalau koelsterol ini akan membawa kolesterol dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Meski begitu, kolesterol HDL merupakan kolesterol yang memiliki peran baik dalam tubuh. HDL dikatakan sebagai kolesterol baik karena HDL mampu membuang kelebihan kolesterol jahat dalam pembuluh darah arteri menuju organ hati agar dapat diproses dan dibuang melalui salauran pencernaan. Koelsterol HDL ini hinggap dalam arteri yang akan berfungsi untuk mencegah kolesterol terimbun dalam arteri dan melindungi tubuh dari kondisi aterosklerosis atau timbulnya plak dalam pembuluh darah.

3. Trigliserida

Meskipun tidak diawali dengan nama kolesterol, trigliserida juga termasuk dalam keluarga kolesterol. Trigliserida merupakan bagian jenis lemak yang ada pada darah dan berbagai berbagai organ tubuh anda. Apabila kadar trigliserida dalam darah meningkat dengan tajam maka itu akan menjadi indikasi naiknya kolesterol LDL anda.

Apa Saja Penyebab Kolesterol?

Pasti anda penasaran mengapa si seseorang dapat terkena kolesterol? Ada banyak faktor yang penyebab kolesterol yang tinggi. Kalau anda rajin mengkonsumsi makanan dengan lemak yang tinggi dan memiliki sumber kolesterol misalnya makanan berminyak, bersantan, makanan fast food maka bisa dipastikan kolesterol anda akan berangsur naik. Alkohol dan konsumsi gula yang berlebihan juga menjadi faktor penyebab kolesterol yang tinggi.

Ketika kolesterol dalam tubuh anda sulit untuk di turunkan maka akan mengakibatkan penyumbatan pada arteri yang akan menghambatnya aliran darah anda. Bayangkan saja jika darah anda tidak mengalir sempurna apa yang akan terjadi? Yup, tentu saja akan ada kerusakan organ. Mulai dari jantung, otak, stroke menjadi ancaman bagai penderita kolesterol tinggi. Untuk kita kita perlu mewaspadai makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bukan hanya itu saja, ada beberapa faktor yang harus anda waspadai sebagai berikut:

Olamix HB Mencegah penyebab Kolesterol
Olamix HB Mencegah penyebab Kolesterol

1. Makanan Sehari-Hari

Lemak hewani seperti daging kambing dan telur merupakan penyumbang kolesterol LDL. Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dapat mengakibatkan kolesterol tinggi. Untuk itu, anda disarankan agar selektif dalam mengonsumsi makanan harian. Mulailah mengatur pola makan seperti daging sapi, kambing, susu, telur, mentega dan keju karena makanan tersebut memiliki lemak jenuh. Hindari juga makanan yang memiliki kandungan kandungan lemak tak jenuh seperti minyak kelapa, minyak kelapa sawit , mentega, dan kue kering.

2. Berat Badan Berlebih

Memiliki berat badan tidak seimbang bukan hanya akan mengganggu penampilan anda. Akan tetapi memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan. Berat badan yang berlebihan mampu meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

3. Sedikit Bergerak

Bagian tubuh kita diatur sedemikian mungkin agar selalu bergerak. Namun, jika anda malas bergerak akan membahayakan bagi tubuh. Tubuh  yang kurang bergerak akan menyebabkan naiknya kadar LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

4. Umur dan Jenis Kelamin

Saat berada pada usia 20 tahun, kadar kolesterol seseorang akan cenderung naik. Untuk  kaum pria, kadar kolesterol biasanya akan meningkat pada umur 50 tahun. Namun, untuk wanita, fungsi tubuh untuk memerangi kolesterol LDL akan berkurang ketika sudah manopose.

5. Sejarah Keluarga

Kalau anda memiliki  salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat kolesterol tinggi maka nda patut waspada. Pasalnya keturunan dari orangtua yang memiliki riwayat koelstrol beresiko mewarikan kondisi tersebut pada keturunannya.

6. Merokok

Kegiatan merokok memang akan merusak kesehatan. Dengan merokok akan menurunkan kadar kolesterol baik, yang akan menimbulkan naiknya kolesterol jahat.

Itulah beberapa hal mengenai kolesterol. Mulailah sejak dini untuk mengenal penyakit kolesterol agar anda dapat melakukan penanganan yang tepat. Periksakan kolesterol secara rutin agar anda mengetahui kadar kolesterol anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *