Categories
Diabetes Gula Darah

5 Cara Mengobati Luka Bernanah Pada Penderita Diabetes

Merawat luka pada penderita diabetes tidaklah semduah mengobati luka biasa. Apabila penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi maka dapat mengakibatkan buruknya sirkulasi darah. Dengan kondisi yang seperti itu maka akan membuat tubuh mengalami keterlambatan dalam memeprbaiki jaringan tubuh yang berfungsi untuk menyembuhkan luka. Situasi yang seperti itulah yang membuat luka pada penderita diabetes sulit untuk disembuhkan. Bukan hanya itu saja nih, luka pada penderita diabetes akan mudah menganga dan cenderung basah akaibat lamanya proses penyembuhan. Hal tersebut akan berdampak pada infeksi jamur, bakteri, dan mengalami gangrene pada penderita diabetes. Apabla tidak dilakukan penanganan secepat mungkin maka kondisi tersebut akan mengakibatkan proses pembusukan luka menjadi lebih cepat. Semakin lama luka membusuk mungkin saja akan meningkatkan risiko amputasi pada penderita diabetes.

Cara merawat luka bernanah pada penderita diabetes

Kondisi luka yang memiliki nanah menunjukkan bahwasannya telah terjadi infeksi bakteri yang cukup parah, dan sudah terjadi pembusukan pada bagian luka. Luka bernanah yang diderita oleh penderita diabetes akan lebih rumit diatasi daripada luka bernanah pada orang non diabetes. Kondisi luka yang tidak tertangani dengan tepat akan mudah menyebar hingga mampu merusak jaringan tubuh yang berada di area sekitar luka. Apabila kondisi luka bernanah tidak ditangani sesegera mungkin maka penderita diabetes harus khawatir akan adanya resiko amputasi.Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah mencari tahu bagaimana cara merawat luka bernanah pada penderita diabetes seperti di bawah ini:

1. Rajin membersihkan luka

Bagi anda penderita yang sedang mengalami luka maka harus membersihkan luka sesering mungkin nih. Anda dapat memersihkan luka pada pagi hari, sore hari atau malam hari sebelum tidur. Gunakanlah kain kasa dengan serah yang halus untuk membersihkan luka. Hindari penggunaan kapas karena dapat meninggalkan partikel pada luka yang basah yang diderita. Anda cukup menggunakan campuran air hangat dan cairan antiseptik untuk membersihkan luka bernanah. Lalu keringkan luka menggunakan kain kasa kering namun tidak digosok dengan keras nih. Hindari untk meniup luka, usahakan luka tetap terbuka agar sirkulasi udara lancar.

2. Batasi tekanan pada luka

Anda harus seminimal mungkin tidak memberikan tekanan pada luka yang sedang diderita. Upayakan tidak menggunakan pakaian ketat apalagi pada bagian yang sedang terluka karena akan memberikan tekanan yang terlalu banyak ketiak bergerak. Apabila hendak keluar rumah, anda diperbolehkan untuk menutup luka dengan menggunakan perban namun jangan terlalu kencang ketika menutupnya. Apabila luka terdapat pada kaki, akan lebih baik jika menggunakan bantalan empuk atau alas kaki khusus yang diperuntukkan bagi penderita diabetes. Hindari menggunakan area luka sebagai pijakan ketika anda berjalan karena dapat memperparah luka.

3. Memeriksakan gula darah

Anda sangat dianjurkan untuk memeriksa gula darah nih. Karena jika gula darah semakin tinggi, luka akan snagat sulit untuk disembuhkan. Ketika anda mengetahui kadar gula tinggi maka segera lakukan penurunan gula darah agar luka mudah untuk disembuhkan.Anda pun dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda dalam menurunkan gula darah. Anda dapat mengganti konsumsi karbohidrat dengan karbohidrat kompleks, yang ada pada makanan gandum utuh, beras merah dan beras hitam. Anda pun disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein, zinc, selenium, asam lemak omega 3. Bila dirasa kurang, anda dapat mengkonsumsi suplemen yang dapat menurunkan kadar gula tinggi anda. Anda dapat memilih suplemen herbal yang ramah dikantong dan pastinya rendah efek samping nih. Anda dapat mengkonsumsi olamix sebagai suplemen herbal anda yang akan membantu tubuh dalam menurunkan kadar gula darah.

4. Konsultasi dengan ahlinya

Jika anda masih kebingungan dengan cara mengatasi luka bernanah yang terjadi pada penderita diabetes, maka anda dapat berkonsultasi pada dokter mengenai langkah yang tepat untuk menangani luka tersebut. Apabila dimungkinkan, minta arahan dari dokter untuk membersihkan luka agar tidak semakin melebar.

Begitulah cara yang dapat anda lakukan jika mengalami luka bernanah nih. Memang luka bernanah pada penderita diabetes sedikit lebih sulit diatasi daripada luka bernanah pada orang normal nih. Namun, anda jangan patah semangat nih. Jika luka bernanah tersebut dapat teratasi dengan baik maka akan merendahkan pelebaran luka pada area yang sudah terkena luka. Luka pada penderita diabetes yang ditangani secara cepat dan tepat akan membantu anda menghindari resiko adanya amputasi. Tetap jaga pola makan anda dengan makanan yang bergizi dan seimbang. Walaupun anda menginginkan makanan yang enak dan manis-manis, anda harus menahan diri agar gula darah tidak naik nih. Anda harus selalu disiplin dalam mengkonsumsi makanan dan selalu mengingat bahwa kadar gula darah tinggi akan menghambat penyembuhan luka.

5. Konsumsi Obat Herbal

Ada beberapa cara menurunkan diabetes yang dapat anda lakukan. Anda pun dapat menambahkannya dengan mengkonsmsi olamix nih. Olamix adalah obat herbal dengan kandungan alami yang sudah diuji oleh BPOM. Obat ini bisa didapatkan secara Online melalui Shopee Dengan Kata Kunci Olamix. Selama pengobatan pasien akan mendapat pendampingan dan konsultasi gratis dari Tim Olamix. Pendampingan bertujuan untuk memantau perkembangan penyakit sampai sembuh sebagai Garansi kepada pasien. Disamping memberikan dukungan Psikologis agar Pasien termotivasi untuk segera sembuh sehingga pengobatan lebih Efektif. Olamix dapat membantu menurunkan diabetes anda secara alami dan tentunya tanpa efek samping.

Olamix Untuk Diabetes
Olamix Untuk Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *