Categories
Uncategorized

Cara Mengobati Luka Diabetes Dengan Madu

Kalau anda sering mendengar madu sebagai penyembuh sariawan, obat atau kecantikan mungkin itu sudah biasa nih. Tapi tahukah anda bahwa madu memiliki peran sebagai penyembuh luka? Dikutip dari karya ilmiah dalam jurnal Wounds, menyatakan bahwasannya madu mempunyai banyak komponen yang sangat bermanfaat dalam proses penyembuhan luka.

Berikut komponen yang ada pada madu yang perlu anda ketahui

1. Sebagai antibakteri

Madu memiliki banyak senyawa antibakteri yaitu nitrogen monoksida dan hidrogen peroksida. Nitrogen monoksida akan bekerja dengan cara memicu respons kekebalan tubuh anda nih. Kandungan tersebut pun akan meredakan peradangan yang sedang terjadi hingga menghambat pergerakan bakteri agar tidak menyebar. Adapun kandungan hidrogen peroksida akan berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada area luka hingga merangsang pembelahan sel baru dalam tubuh. Bukan hanya itu saja nih, kandungan hydrogen peroksida juga dapat memancing datangnya makrofag. Makrofag merupakan sel darah putih yang bekerja dengan “memakan” bakteri maupun zat asing yang dinilainya akan mengancam keamanan tubuh seseorang.

2. Memiliki pH yang rendah

Nilai pH akan menggambarkan kadar keasaman sebuah zat larutan. Jika nilai pH rendah maka akan semakin asam sifat larutan yang ada. Adapun madu memiliki pH-nya yang rendah yaitu berkisar antara 3,2 hingga 4,5 yang daapt berfungsi dalam menyembuhkan luka. Saat madu dioleskan pada luka, maka pH Madu yang rendah mampu mencegah kinerja dari enzim protease dalam tubuh. Ph rendah dalam madu akan memecah enzim sehingga luka akan mudah disembuhkan.

3. Memiliki kandungan gula alami

Gula alami yang ada pada madu mampu menarik air dari jaringan yang telah rusak akibat terjadinya luka. Kondisi seperti ini tentu saja dapat meredakan pembengkakan serta akan merangsang aliran getah bening menuju area yang sedang mengalami luka. Kemudian, cairan getah bening akan membawa sel darah putih guna mencegah infeksi pada luka yang masih basah. Bukan hanua itu saja nih., kandungan gula murni dalam madu mampu menarik air keluar dari sel bakteri sehingga bakteri pun tidak dapat manjalankan fungsinya maupun berusaha untuk memperbanyak diri. Dengan begitu, lama-kelamaan bakteri yang ada pada area luka akan mati dengan sendirinya sehingga luka terlindungi dari ancaman infeks.i

4. Memiliki kandungan antioksidan

Peerlu anda ketahui nih, bahwasannya mengatasi luka dengan madu tidak akan meninggalkan bekas luka ketika luka sudah sembuh. Peradangan yang terjadi pada luka mampu memicu terjadinya pembentukan radikal bebas. Kemudian radikal bebas yang lama hinggap akan merangsang produksi kolagen berlebih sehingga mampu memungkinkan terbentuknya bekas luka menonjol atau keloid. Maka dari itu, antiosidan dalam madu akan membuktikan perannya dengan menangkal radikal bebas pada jaringan luka dan mencegah terjadinya pembentukan keloid. Ketika dioleskan pada area yang mengalami luka, kandungan antioksidan pada madu akan merangsang pembelahan sel sehingga terbeakan ntuk jaringan kulit yang lebih halus hingga tidak akan meninggalkan bekas luka.

Luka yang dapat diobati dengan madu

1. Luka yang terjadi akibat kondisi trauma atau cedera ( lecet atau luka potong)

2. Mengalami luka bakar

3. Luka karena tidur di kasur dalam waktu yang cukup lama (umumnya terjadi pada lansia)

4. Luka akibat darah tidak mengalir dengan lamcar (umumnya terjadi pada orangtua)

5. Luka kaki pada penderita penyakit diabetes.

Cara menggunakan Madu dalam penyembuhan luka

Sebelum manda enggunakan Madu, anda harus terleih dahulu memastikan bahwa luka yang sedang terjadi pada kulit Anda tidak terlalu dalam. Namun, ini tidak berlaku untuk anda yang mengalami luka bakar berat, serta tidak mengeluarkan nanah. Selain menggunakan madu murni, Anda dapat menggunakan madu manuka untuk membantu anda dalam menyembuhkan luka yang ada . Madu Manuka merupakan madu yang memiliki kandungan senyawa methylgloxal. Senyawa ini merupakan senyawa yang memiliki sifat sitotoksik yaitu mampu membunuh bakteri. Berikut adalah cara menggunakan madu untuk menyembuhkan luka:

– Cuci kedua tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir. Anda pun harus menyiapkan penutup luka, seperti kain kassa dan kapas dalam keadaan bersih dan kering sehingga tetap dalam keadaan streril..

– Mulaila untuk leskan Madu murni atau Madu Manuka pada kapas, kemudian anda dapat menempelkan kapas yang sudah diolesi madu pada area luka.

– Setelah dioelskan pada kapas, tutup dengan kain kasa dan rekatkan ujungnya menggunakan plester agar Madu tidak berceceran keluar.

– Ganti perban secara rutin setiap harinya

– Cuci tangan kembali hingga bersih

Bagaimana? Tertarik menggunakan madu sebagai penyembuhan luka diabetes? Boleh kok. Anda dapat menggunakan madu sebagai obat luar dalam penanganan luak diabetes nih. Anda pun dapat mengobati luka diabetes dengan cara yang alami pula nih. Anda dapat mengkonsumsi olamix sebagai obat herbal yang akan membantu anda dalam menaggulangi luka diabetes secara alami dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *